Program Pengembangan Karakter Siswa SD menjadi fondasi utama dalam membentuk generasi berkarakter mulia. Setiap sekolah dasar berkualitas memahami pentingnya implementasi program ini secara menyeluruh dan berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diintegrasikan dalam seluruh aktivitas pembelajaran sehari-hari.
Lima nilai utama menjadi fokus dalam program ini, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Selain itu, setiap nilai tersebut dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan yang terstruktur dan terarah. Kemudian, guru berperan sebagai fasilitator sekaligus teladan dalam proses pembentukan karakter siswa.
Implementasi program ini melibatkan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Misalnya, kegiatan morning briefing untuk menanamkan nilai kedisiplinan dan tanggung jawab kepada seluruh siswa. Selanjutnya, program literasi dan storytelling membantu mengembangkan nilai-nilai moral melalui cerita inspiratif.
SDN Kampung Bali 07 Pagi telah menerapkan berbagai kegiatan pengembangan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum nasional. Sementara itu, sekolah ini juga mengembangkan program ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter siswa. Akibatnya, siswa memiliki bekal moral yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.
Evaluasi Program Pengembangan Karakter Siswa dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas pelaksanaannya. Dalam hal ini, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyediakan panduan komprehensif untuk mendukung sekolah-sekolah dalam mengimplementasikan program ini. Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan sikap positif, empati, dan tanggung jawab sosial yang signifikan.
Dengan demikian, Program Pengembangan Karakter Siswa SD memerlukan komitmen bersama dari seluruh stakeholder pendidikan. Melalui kerjasama yang solid, program ini akan menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga berkarakter mulia.